PEMBAHASAN
4.1 Tahap Perencanaan
4.1.1 Definisi Masalah
Pendefinisian masalah dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di perusahaan yang menjadi obyek penelitian. Pada kasus ini identifikasi permasalahan dilakukan pada PT. Duta Karya Musikindo yaitu perusahaan yang bergerak dalam jasa penjualan alat-alat musik.
4.1.2 Investigasi
Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan melalui wawancara kepada pelanggan PT. Duta Karya Musikindo yang sering melakukan transaksi pembelian tersebut, maka didapatkan informasi bahwa pelanggan sangat membutuhkan sebuah media pembelanjaan yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu serta memiliki kemudahaan dan keamanan dalam berbelanja. Selanjutnya, dilakukan wawancara pula kepada Manajemen PT. Duta Karya Musikindo, bahwa pelayanan yang memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam bertransaksi pembelian produk alat-alat musik yang diinginkan tersebut sangat mungkin untuk dilakukan sehingga mereka dapat mudah untuk melakukan pembelian di mana dan kapan saja.
4.2 Tahap Analisa
4.2.1 Analisa Sistem yang Berjalan
PT. Duta Karya Musikindo merupakan sebuah perusahaan retail yang bergerak dalam penjualan alat-alat musik yang beredar di Indonesia. Permasalahan yang terjadi saat ini perusahaan hanya menjual melalui sistem konvensional, dimana calon pembeli yang berminat untuk membeli produk alat-alat musik harus datang ke toko. Sehingga untuk meningkatkan pelayanan di mana calon pembeli mendapatkan kemudahan untuk mengetahui pilihan yang akan dibeli dan selanjutnya bertransaksi membeli, tanpa harus repot melakukan perjalanan yang macet dan memakan waktu lama, maka perlu disediakan fasilitas on-line yang dapat dilakukan di mana saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Adapun analisa sistem yang berjalan adalah sebagai berikut:
START |
Konsumen Membeli Alat Msik |
Transaksi Pembelian |
Bon Pembelia dan Barang |
FINISH |
Gambar 4.1 Flowchart Bisnis yang Berjalan Saat ini
Proses bisnis pada sistem yang berjalan, seperti yang disampaikan pada bagan di atas, dimana proses bisnis berjalan secara sederhana dimana konsemen yang berminat untuk membeli produk alat musik selanjutnya melakukan transaksi pembelian, dan sebagai bukti pembelian diberikan bon pembelian dan barang yang dibeli.
4.2.2 Input, Proses, dan Output pada Sistem yang Berjalan
Analisa input, proses, dan output sistem yang sedang berjalan pada keempat entitas di atas dapat disampaikan sebagai berikut:
1. Pembeli
1) Input, pada tahapan ini Pembeli melakukan pemesanan barang yang diinginkan untuk dibawa menuju ke Kasir.
2) Proses, pada tahapan ini proses yang terjadi adalah transaksi pembayaran antara Pembeli dengan Kasir.
3) Ouput, pada tahapan ini Pembeli akan mendapatkan barang yang dibeli dan bon pembelian dari Kasir
2. Kasir
1) Input, Kasir akan menerima barang dan uang dari Pembeli untuk dilakukan transaksi pembayaran dan dibuatkan nota/bon pembelian untuk Pembeli.
2) Proses, Kasir akan melakukan proses transaksi pembayaran melalui serah terima barang dan uang dari Pembeli.
3) Ouput, Kasir akan menerbitkan nota/bon pembelian yang diberikan kepada Pembeli, selain itu salinan nota/bon disimpan sebagai dokumen transaksi penjualan.
3. Produk alat-alat musik
1) Input, produk alat-alat musik merupakan barang penjualan yang diinput sebagai stok persediaan oleh Kasir.
2) Proses, produk alat-alat musik diproses dengan dicatat sebagai barang yang siap dijual dan diletakkan di rak display.
3) Output, produk alat-alat musik yang masuk di ke dalam rak dan yang terjual tercatat pada dokumen yang terpisah.
4. Manajemen
1) Input, Manajemen melakukan request kepada Kasir atas setiap transaksi penjualan dan stok barang;
2) Proses, atas dasar request tersebut, Kasir melakukan penyusunan laporan yang diminta oleh Manajemen;
3) Ouput, Manajemen mendapatkan laporan transaksi dan stok yang telah disusun oleh Kasir.
4.2.3 Diagram Konteks Sistem yang Berjalan
Adapun diagram kontreks pada sistem penjualan yang saat ini sedang berjalan seperti yang di sampaikan pada bagan di bawah ini. Di mana saat ini penjualan masih menggunakan sistem konvensional, yaitu berbelanja pada toko yang menjual produk alat-alat musik.
Transaksi Pembelian Alat-alat musik |
Alat-alat musik |
Pembeli |
Kasir |
Manajemen |
Membeli |
Barang belum terjual |
Barang terjual Bon Pembelian |
Barang belum terjual |
Barang terjual Bon Pembelian |
Laporan Stok Laporan Penjualan |
Gambar 4.1 Diagram Konteks Sistem Berjalan
Seperti yang disampaikan pada gambar di atas, proses transaksi penjualan produk alat-alat musik secara manual terdiri atas empat entitas, yaitu Pembeli yang akan membeli produk, produk alat-alat musik sebagai barang yang menjadi obyek transaksi penjualan, Kasir sebagai petugas yang melayani transaksi pembayaran, dan Manajemen yang menerima laporan penjualan dan stok barang.
4.2.4 Usulan Pemecahan Masalah
Berdasarkan hasil investigasi dan analisa sistem yang sedang berjalan, maka usulan pemecahan masalah yang diberikan adalah dibangunnya sistem penjulan on-lineuntuk penjualan produk alat-alat musik tersebut di atas. Sistem ini berbasiskan web, sehingga pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian di mana saja dan kapan saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
4.2.5 Analisa Sistem yang Diusulkan
Sistem penjualan yang diusulkan menggunakan sistem penjualan yang berbasiskan internet, dimana pelanggan memiliki kebebasan dan kemudahan dalam bertransaksi pembelian barang di PT Duta Karya Musikindo. Pada sistem yang diusulkan, maka semua pelanggan yang akan melakukan transaksi merupakan anggota (member) yang terdaftar di perusahaan.
Customer yang ingin menjadi member PT. Duta Karya Musikindo harus registrasi terlebih dahulu dan mengisi formregistrasi secara benar. Jika form yang diisi oleh customer valid, maka customer sudah bisa mengakses situs penjualan PT. Duta Karya Musikindo dan jika invalid, maka akan kembali ke form registrasi dengan diberikan petunjuk kesalahannya.
Form yang telah diisi pada saat registrasi oleh member dan jika validmaka akan disimpan kedalam database member. Setelah memberberhasil registrasi, maka dapat langsung logindengan memasukan username dan password, memberakan masuk ke layar utama member dan di layar utama member terdapat beberapa tombol yang bisa diakses oleh member antara lain : company detail, produk, event, guest book, main page, dan polling.
Jika member ingin langsung melihat produk maka member bisa melihat catalog produk dan menampilkannya secara detail, di dalam produk sudah tersedia beberapa produk yang bisa di order oleh member, harga yang sudah tercantum, dan ketersediaan produk yang selalu di update oleh admin.
Setelah membermelihat produk secara detail maka memberdapat langsung order produk sesuai dengan keinginanya, dan order member tersebut disimpan ke dalam databaseorder member sementara atau yang disebut dengan shopcart.
Jika member ingin meng-update order-nya maka memberbisa menekan tombol update pada halaman view cart dan secara otomatis order yang telah dipilih akan disimpan kedalam database order membersementara atau shopcart, dan jika member ingin membatalkan ordernya maka member dapat menekan tombol delete maka order yang telah dipilih oleh membersecara otomatis akan terhapus.
Bila member telah yakin dengan produk yang mereka pesan, maka member bisa menekan tombol checkout dan masuk ke halaman form konfirmasi diwajibkan mengisi form tersebut. Di form tersebut akam menampilkan jumlah yang harus di bayar oleh member.
Setelah pengisian form konfirmasi secara lengkap dan benar maka member dapat menekan tombol proses dan otomatis formyang di isi member itu akan masuk dan disimpan kedalam database Order member.
Setelah itu aplikasi akan menampilkan kode booking yang harus di simpan oleh member. Kode booking tersebut juga akan di kirimkan ke email member dan memberitahu member agar menyimpan email tersebut baik-baik.
Dalam sistem ini sebelumnya memberdiwajibkan agar membuka rekening di bank yang telah disediakan oleh perusahaan. Karena dalam proses pembayaran ini perusahaan akan meng-autodebet dari rekening membertersebut secara otomatis. Memberhanya memasukkan jumlah yang harus dibayar ke dalam rekening mereka tersebut.
FINISH |
Transaksi Pembelian |
Barang Siap Dikirim |
Minat? |
START |
Pembelian Alat Musik |
User? |
Mendaftar sebagai User |
Pemilihan Alat Musik |
N |
N |
Y |
Y |
Gambar 4.2 Flowchart yang Diusulkan
4.2.6 Input, Proses, dan Output pada Sistem yang Diusulkan
Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa sistem yang diusulkan merupakan sistem penjualan yang berbasiskan web. Pada sistem ini, entitas terbagi atas lima, yaitu User, yaitu Pelanggan yang hanya memiliki hak akses untuk melihat berbagai informasi produk yang dijual, sedangkan Member, adalah Pelanggan yang telah terdaftar menjadi Pelanggan Tetap pada sistem. Selanjutnya ada Admin adalah entitas yang berhak untuk mengatur atau mengelola sistem penjualan, dan Manager adalah pemilik sistem penjualan yang berhak mendapatkan laporan transaksi penjualan dan masuknya barang.
Sehingga atas dasar hal tersebut, maka analisa input, proses, dan output sistem yang diusulkan adalah sebagai berikut:
1. User
1) Input, tidak ada input yang dimasukan ke dalam sistem penjualan ini.
2) Proses, User dapat melakukan proses melihat berbagai informasi produk dan informasi lainnya yang tersedia pada sistem penjualan ini.
3) Ouput, User mendapatkan tampilan layar sebagai output tentang produk dan informasi lainnya yang tersedia pada layanan ini.
2. Member
1) Input, pada tahapan ini Member melakukan register sebagai input untuk dikenal oleh sistem penjualan.
2) Proses, pada tahapan proses, Member dapat melakukan berbagai proses, diantaranya adalah (1) proses regristrasi; (2) proses transaksi pembelian; (3) proses konfirmasi pembelian; dan (4) proses pembayaran.
3) Ouput, pada tahapan ini, Member akan mendapatkan bukti pembelian atas transaksi yang telah dilakukan.
3. Admin
1) Input, entitas Admin akan melakukan input produk baru yang menjadi produk yang akan dijual.
4) Proses, Admin akan melakukan proses updating terhadap produk yang baru masuk dan sistem yang terbaru.
5) Output, Admin tidak mendapatkan berbagai ouput atas sistem penjualan.
4. Manajer
1) Input, Manajer tidak melakukan input pada sistem ini, namun hanya memasukan data register agar mendapatkan hak akses untuk mendapatkan laporan;
2) Proses, Manajer dapat melakukan proses pencetakan laporan penjualan dan stok produk;
3) Ouput, Manajer mendapatkan hak akses untuk selalu mendapatkan laporan transaksi dan stok yang telah terjadi pada periode tertentu pada sistem penjualan.
4.2.7 Diagram Konteks yang Diusulkan
Diagram konteks yang diusulkan terdiri empat entitas, yaitu User, sebagai pelanggan yang belum terdaftar, Member, yaitu pelanggan yang sudah terdaftar dan dapat melakukan transaksi pembelian, Admin, yang melakukan operasional Sistem Penjualan, dan Manager yang menerima laporan transaksi penjualan. Di dalam diagram ini, dapat dimungkinkan sistem penjualan dapat terintegrasi dengan jaringan perbankan untuk kemudahan bertransaksi pembelian. Namun pada tahap awal sistem yang dikembangan, sistem transaksi menggunakan sistem konvensional dimana pelanggan melakukan pembayaran saat barang dikirim dan diterima dengan baik di tempat tinggal pelanggan.
Gambar 4.3 Diagram Konteks yang diusulkan
4.2.8 Diagram Nol yang diusulkan
Diagram Nol yang diusulkan seperti yang disampaikan pada bagan di bawah ini.
Gambar 4.4 Diagram Nol yang diusulkan
Berdasarkan diagram di atas, sistem ini akan memiliki sembilan proses, yaitu 1) proses register, 2) proses login, 3) proses tampilan Main Page, 4) proses tampilan produk yang dijual, 5) proses pemesanan (order), 6) proses konfirmasi transaksi, 7) proses pembayaran, dan 9) proses penyusunan laporan transaksi. Penjelasan pada masing-masing proses adalah sebagai berikut:
1. Diagram Rinci Proses 1
Nama proses : Register
Masukan : - File Register
- Daftar Member
Keluaran : - Tampil kesalahan register
- New Member
Ringkasan proses : Customeryang ingin menjadi member PT. Duta Karya Musikindo harus registrasi terlebih dahulu dan mengisi form registrasi secara benar jika form yang diisi oleh customer validmaka customer sudah bisa mengakses situs penjualan PT. Duta Karya Musikindo dan jika invalidmaka akan kembali ke form registrasi dengan diberikan petunjuk kesalahannya.
2. Diagram Rinci Proses 2
Nama Proses : Login
Masukkan : - Member Login
- Admin Login
- FileLogin
Keluaran : - Tampil kesalahan Login Member
- Tampil kesalahan Login Admin
- File Main Page
Ringkasan Proses : Setelah member telah berhasil registrasi maka dapat langsung login dengan memasukan username dan password, member akan masuk ke layar utama member. Di layar utama memberterdapat beberapa tombol yang bisa diakses oleh member antara lain : company detail, produk, event, mail us, testimonial, dan polling.
3. Diagram Rinci Proses 3
Nama Proses : Main Page
Masukkan : - File Main Page
Keluaran : - Tampil ManageProduct
- Tampil Manage GuestBook
- Tampil Manage Customer
- Tampil Manage Event
- Tampil Menu Company detail
- Tampil Menu Product
- Tampil Menu Event
- Tampil Menu Guest Book
- File Main Page
Ringkasan Proses : Setelah member berhasil login, maka akan masuk ke halaman utama atau Main Page. Di layar utama member terdapat beberapa tombol yang bisa diakses oleh member antara lain : company detail, produk, event, mail us, testimonial, dan polling.
4. Diagram Rinci Proses 4
Nama Proses : Product
Masukkan : - Data product
- Add Product to cart
- Update to cart
- Shop chart
- File Product
Keluaran : - File Product
- Shop cart
- Tampil Detail product
- Add Product to cart
Ringkasan Proses : Member dapat melihat product dan memilih produk yang ingin memberbeli. Produk yang dibeli akan masuk ke list cart yang bisa di mengupdate produk yang ingin dibeli atau juga membatalkannya dengan menekan tombol delete.
5. Diagram Rinci Proses 5
Nama Proses : Order Product
Masukkan : - Order Member Sementara/Shopcart
- Data Product
Keluaran : - Order Member
Ringkasan Proses : Dari hasil yang di dapat shopchart, maka pada order product terdapat aplikasi untuk checkout dan menghitung total yang harus di bayar.total didapat dari data di shopcart.
6. Diagram Rinci Proses 6
Nama Proses : Update Stock Product
Masukkan : Update Stock Product
Keluaran : Data Product
Ringkasan Proses : Proses dimana Admin mengecek stok barang, apabila stok habis maka admin akan mengupdatenya.
7. Diagram Rinci Proses 7
Nama Proses : Konfirmasi transaksi
Masukkan : - Kode order
- Jumlah
- Form konfirmasi
Keluaran : - insert data transaksi
- Form konfirmasi
Ringkasan Proses : Membersetelah yakin dengan product yang di beli maka harus mengisi form konfirmasi.
8. Diagram Rinci Proses 8
Nama Proses : Penarikan Tunai
Masukkan : - Auto debet
Keluaran : - Transfer
Ringkasan Proses Proses dimana member menyiapkan dana untuk jumlah pembelian ke rekening member, maka Bank rekening perusahaan akan mentransfer ke rekening perusahaan..
9. Diagram Rinci Proses 9
Nama Proses : Manager report
Masukkan : - Tampil reporttransaksi
- File manager report
Keluaran : - Reporttransaksi
Ringkasan Proses : Proses dimana semua data yang berhubungan dengan transaksi diserahkan ke manager.
4.3 Tahap Perancangan
Pada tahapan ini akan dilakukan perancangan yang terdiri atas perancangan sistem penjualan. Berikut disampaikan perancangan yang disampaikan pada ketiga perancangan tersebut.
4.3.1 Perancangan ERD dan Struktur Data
1. Perancangan ERD
Model ini menjelaskan data dalam konteks entitas dan hubugan yang digambarkan oleh data tersebut. Berikut ini adalah tahapan dalam menghasilkan ERD
1) Menentukan entitas
2) Menentukan key entitas
3) Menentukan hubungan antar entitas
4) Menentukan kardinalitas
5) Melengkapi atribut tiap entitas.
Pada tahap ini masing-masing entitas dilengkapi dengan atribut-atributnya.
Perancangan ERD seperti yang disampaikan pada bagan di bawah ini.
Gambar 4.3
2. Normalisasi
Normalisasi adalah teknik analisis data yang mengatur atribut data dalam kelompok untuk membetuk entitas yang non-redundant, stabil, fleksibel, dan mudah beradaptasi (Whitten, 2004:306). Berikut langkah-langkah normalisasi :
a. Bentuk tidak normal (UNF)
Bentuk tidak normal adalah kumpulan data-data yang akan digunakan untuk merancang basis data. Berikut adalah bentuk tidak normal.
b. Bentuk Normal Pertama (1NF)
Pada gambar di atas masih banyak data yang berulang, sehingga dibuat bentuk normal pertama yaitu membuat satu entitas tidak memiliki atribut yang sama. Berikut merupakan bentuk normal pertama.
c. Bentuk Normal Kedua (2NF)
Langkah selanjutnya adalah membuat normal kerdua, yaitu membuat entitas yang atribut bukan primary key tergantung pada penuh pada primary key. Berikut merupakan bentuk normal kedua :
d. Bentuk Normal Ketiga (3NF)
Pada gambar ….entitas yang atribut bukan primary key tidak bergantung pada atribut bukan primary key yang lain. Sehingga berikut adalah bentuk basis data yang telah dinormalisasi.
3. Struktur dan Perancangan Basis Data
Dari hasil normalisasi di atas, didapat hasil basis data yang benar. Struktur dan perancangan basis data seperti yang disampaikan sebagai berikut, yaitu:
1) Tabel customermember
Pimary key : Customers_id
Keterangan : Merupakan tabel yang berisi account member
Berikut disampaikan struktur database pada tabel berikut ini.
Tabel 4.1 Customer Member
Field | Type | Length | Description | |
customers_id | Int | 30 | Id customer member | |
customers_gender | Char | 50 | Jenis kelamin customer member | |
customers firstname | Char | 50 | Nama depan customer member | |
customers_lastname | Char | 50 | Nama belakang customer member | |
customers_dob | date | 30 | Tanggal Lahir customer member | |
customers_email_address | char | 50 | Nama Alamat e-mail customer member | |
customers_default_address_id | char | 50 | Alamat customer member | |
customers_telephone | char | 50 | Nomor telepon customer member | |
customers_fax | char | 50 | Nomor faksimili customer customer | |
customers_password | char | 30 | Password | |
customers_newsletter | char | | | |
| ||||
2) Tabel Order Member
Primary key : order Id
Keterangan : Tabel yang brisi tentang pesanan yang dilakukan oleh member.
Berikut disampaikan struktur database pada tabel berikut ini.
Tabel 4.2 Order Member
Field | Type | Length | Description |
orders_id | integer | 30 | No Id pemesanan |
customers_id | Integer | 30 | Id customer member |
Product Id | Integer | 30 | Kode dari poroduk |
Tanggal Order | Date | | Tanggal saat pemesanan |
Nomor rekening | Integer | 30 | Rekening member |
Total | Integer | 30 | Total Harga |
Pesan | Char | 50 | Pesan dari member |
3) Tabel Produk
Primary Key : product_id
Keterangan : Tabel ini yang berisi file-file tentang produk.
Berikut disampaikan struktur database pada tabel berikut ini.
Tabel 4.3 Produk
Field | Type | Length | Description |
product_id | int | 30 | Kode dari produk |
product_quantity | int | 30 | Category produk |
product_model | char | 50 | Nama produk |
product_image | char | 50 | Gambar produk |
product_price | decimal | 30 | Harga produk |
product_data_added | date/time | 30 | Stock produk |
product_data_modified | date/time | | |
product_data_available | date/time | | |
products_weight | decimal | | |
products_status | int | | |
products_tax_class_id | int | | |
manufacturers_id | int | | |
products_ordered | int | | |
4) Tabel Admin
Primary Key : Admin Id
Keterangan : merupakan tabel yang berisi account admin
Berikut disampaikan struktur database pada tabel berikut ini.
Tabel 4.4 Admin
Field | Type | Length | Description |
Admin Id | Integer | 30 | Id admin |
Nama | Char | 50 | Nama admin |
Alamat | Char | 50 | Alamat admin |
TTL | Date | | TTL admin |
Telepon | Integer | 30 | Telepon admin |
Username | Char | 50 | Username admin |
Password | Char | 50 | Password admin |
Level | Char | 50 | Penentuan hak akses |
Email | Char | 50 | Email admin |
5) Tabel Stock
Primary Key : Stock Id
Keterangan : Tabel ini berisi tentang stockproduk
Berikut disampaikan struktur database pada tabel berikut ini.
Tabel 4.5 Admin
Field | Type | Length | Description |
Stock Id | Integer | 30 | Id produck |
Merk | Char | 50 | Merk produck |
Nama | Char | 50 | Nama produk |
Isi | Char | 50 | Spesifikasi produk |
Jumlah | Integer | 30 | Banyaknya produk |
6) Tabel Order Detail Member
Primary Key : No. Order
Keterangan : Tabel ini berisi tentang transaksi
Berikut disampaikan struktur database pada tabel berikut ini.
Tabel 4.6 Order Detail Member
Field | Type | Length | Descrption |
No | Integer | 30 | No order detail |
Order Id | Char | 50 | Id Order |
Produk Id | Integer | 30 | Kode dari poroduk |
Qty | Integer | 30 | Jumlah produk |
Merk | Char | 50 | Merk produk |
7) Tabel Order Stock
Primary Key : Order stock Id
Keterangan : Tabel ini berisi tentang transaksi
Berikut disampaikan struktur database pada tabel berikut ini.
Tabel 4.7 Order Order Stock
Field | Type | Length | Description |
Order stock Id | Integer | 30 | No order stock id |
Produk Id | Integer | 30 | Kode dari poroduk |
Nama | Char | 50 | Nama produk |
Isi | Char | 50 | Isi stock |
Qty | Integer | 30 | Jumlah produk |
Merk | Char | 50 | Merk produk |
4. Kamus Data
Berikut adalah kamus data yang digunakan dalan sistem informasi perusahaan tersebut :
4.3.2 Perancangan Struktur Menu
1. Struktur menu untuk Customer member
Berikut ini adalah struktur menu yang dapat diakses oleh Customer member setelah melakukan login.
Gambar 4.4 Struktur Menu untuk Customer
2. Struktur menu untuk admin
Berikut ini adalah struktur menu yang dapat diakses oleh Adminsetelah melakukan login.
Gambar 4.5 Perancangan State Transition Diagram (STD)
State Transition Diagram merupakan diagram yang menjelaskan aliran suatu state ke state yang lain dalam sebuah aplikasi atau menggambarkan aksi perpindahan keadaan pada saat usermenekan tombol dalam aplikasi yang dijalankan. STD berguna membantu userdalam memahami jalannya aplikasi. Berikut ini merupakan STD dari aplikasi e-Business PT. Duta Karya Musikindo mulai pada saat user masuk kedalam “Halaman HOME” dan login untuk masuk ke dalam aplikasi e-Business sampai user keluar dari aplikasi:
4.3.3 Perancangan STD Main Page
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Customerketika membuka halaman web ini pertama kali..
Gambar 4.6 STD Main Page Customer Non-member
Berdasarkan bagan di atas, maka berikut ini disampaikan perancangan pada setiap menu, yaitu:
1. Perancangan STD Login
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada userketika melakukan login.
Gambar 4.7 STD Login
2. Perancangan STD untuk Customer Member
Berikut ini merupakan perancangan STD untuk customeryang telah menjadi member pada PT. Duta Karya Musikindo.
1) Perancangan STD Main Page
Gambar 4.8 STD Main Page
2) Perancangan STD Company detail
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Customer ketika berada dalam halaman Company detail.
Gambar 4.9 STD Company detail
3) Perancangan STD Product
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada User ketika berada dalam halaman Product.
Gambar 4.10 STD Product
4) Perancangan STD Events
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada User ketika berada dalam halaman FAQ.
Gambar 4.11 STD Events
5) Perancangan STD GuestBook
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Userketika berada dalam halaman Event.
Gambar 4.12 Perancangan STD Guest Book
6) Perancangan Change Password
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Userketika berada dalam halaman Change Password.
Gambar 4.13 Perancangan STD Change Password
7) Perancangan Polling Vote
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Userketika berada dalam halaman Polling Vote
Gambar 4.14 Perancangan STD Polling Vot
3. Perancangan STD untuk User yang tidak Login
Berikut ini merupakan perancangan STD untuk customer yang belum menjadi member pada PT. Duta Karya Musikindo.
1) Perancangan STD Main Page
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada user ketika berada dalam halaman Main Page
Gambar 4.15 Perancangan STD Main Page
2) Perancangan STD Company detail
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada User ketika berada dalam halaman Company detail.
Gambar 4.16 Perancangan STD Company detail
3) Perancangan STD Product
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada User ketika berada dalam halaman Product.
Gambar 4.17 Perancangan STD Product
4) Perancangan STD Event
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Userketika berada dalam halaman Event.
Gambar 4.18 Perancangan STD Events
5) Perancangan Guest Book
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada User ketika berada dalam halaman Guest Book.
Gambar 4.19 Perancangan STD Guest Book
6) Perancangan Change Password
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Userketika berada dalam halaman Change Password.
Gambar 4.20 Perancangan STD Change Password
7) Perancangan Polling Vote
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Userketika berada dalam halaman Polling Vote
Gambar 4.21 Perancangan STD Polling Vote
4. Perancangan STD untuk Admin
Berikut ini merupakan perancangan STD untuk Admin pada PT. Duta Karya Musikindo.
1) Perancangan STD Main Page
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Admin ketika berada dalam halaman Main Page.
Gambar 4.22 Perancangan STD Main Page
2) Perancangan STD Manage Customer
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Customer ketika berada dalam halaman Manage Customer.
Gambar 4.23 Perancangan STD Users
3) Perancangan STD Company detail
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Company detail ketika berada dalam halaman Company detail.
Gambar 4.24 Perancangan STD Company detail
4) Perancangan STD Manage Product
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Admin ketika berada dalam halaman Product.
Gambar 4.25 Perancangan STD Manage Product
5) Perancangan STD Manage Event
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Admin ketika berada dalam halaman Manage Event.
Gambar 4.26 Perancangan STD Manage Event
6) Perancangan STD Guest Book
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Admin ketika berada dalam halaman Manage Event.
Gambar 4.27 Perancangan STD Manage GuestBook
7) Perancangan STD Change Password
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Admin ketika berada dalam halaman Change Password.
Gambar 4.28 Perancangan STD Change Password
8) Perancangan STD Change Password
Berikut ini adalah kondisi yang terjadi pada Admin ketika berada dalam halaman Change Password.
Gambar 4.29 Perancangan STD Change Password
4.3.4 Perancangan Tampilan Layar
Penyusun membuat halaman situs utama ini untuk pertama kali user mengakses situs PT. Duta Karya Musikindo Di dalam tampilan layar halaman utama guest menampilkan logo perusahaan, nama perusahaan dan alamat perusahaan. serta link-link untuk menunjuk ke halaman berikutnya seperti login, register, polling, company detail, event, produk. Pertama penyusun akan menjelaskan tenatang login member bila user telah melakukan registrasi maka dia bisa langsung logindengan memasukan username dan password. Setelah itu akan tampil layar utama member dan juga menampilkan suatu ucapan selamat datang yang di tujukan untuk setiap member yang masuk ke situs PT. Duta Karya Musikindo Jika ingin lihat lebih jelas lihat tabel untuk rancangan layar dan tampilan layar diakhir penjelasan ini. Jika ingin melihat gambar, lihat tabel dibawah.
Selain itu jika user belum melakukan registrasi maka user harus mengisi form register, dalam form register terdapat beberapa list yang harus diisi oleh userantara lain username, nama lengkap, email, password, re-type password, telephone, nama bank, nama rekening, dan nomor rekening. Dan harus diisi secara benar oleh useruntuk mendaftar sebagai member, untuk lebih jelas lihat tabel untuk rancangan layar dan tampilan layar diakhir penjelasan ini. Jika ingin melihat gambar, lihat tabel dibawah. dan setelah memberberhasil login maka member bisa masuk kehalaman utama member , dalam membuat halaman ini penyusun mempunyai tujuan untuk memberi informasi yang sering di pertanyakan oleh member situs ini. Contoh disini seperti bagaimana proses untuk menjadi member dan bagaimana prosedur dari pemesanan tersebut. Pada halaman utama user yang telah registrasi dapat langsung login dengan mengisi nama dan password. Setelah loginberhasil sistem akan menunjuk ke halaman utama member, dihalaman ini memberdapat mengakses semua proses yang terdapat di situs misalnya tentang produk – produk yang di jual, company detail, pemesanan produk yang diinginkan, mengubah data pribadinya, serta mengirimkan pertanyaan dan keluhan. Jika ingin melihat gambar, lihat tabel dibawah.
Pada halaman event menampilkan kegiatan –kegiatan dari perusahaan yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat antara lain : tanggal event yang akan diselenggarakan, nama eventnya, type eventnya seperti apa, tempat diselenggarakannya, dan kota- kota diselenggarakanya event tersebut. Dan selain itu halaman company detail menampilkan informasi tentang PT. Duta Karya Musikindo antara lain kantor pusat PT. Duta Karya Musikindo, cabang–cabang perusahaan yang berfungsi untuk memudahkan para member dalam mengakses PT. Duta Karya Musikindo terdekat, layanan service center yang berfungsi untuk memberikan kemudahan kepada member bila memperbaiki produknya, dealer perusahaan yang bertujuan untuk pendistribusian secara cepat kepada member, overseas supplier untuk memberikan produk–produk terbaru kepada member, serta export division dan semua itu di informasi untuk member. Jika ingin lihat lebih jelas lihat tabel untuk rancangan layar dan tampilan layar diakhir penjelasan ini. Jika ingin melihat gambar, lihat tabel dibawah.
Pada halaman testimonial di dalamnya terdapat pendapat – pendapat yang sedang di bahas pada waktu terdekat, di layar ini semua member yang sudah registrasi bisa mengakses atau membalas topik yang sedang berlangsung sebagai tempat untuk bertukar pikiran atau sharing tentang apa saja. Jika member yang belum registrasi tidak bisa melihat topik yang sedang berlangsung dan tidak bisa membalasnya. Dan selain itu setiap member yang masuk ke situs ini dapat mengisi polling yang telah tersedia dengan pertanyaan yang telah di sediakan oleh PT. Duta Karya Musikindo untuk meningkatkan prestasi dan sebagai tolak ukur atas kinerjanya selama ini. Jika ingin melihat gambar, lihat tabel dibawah.
Pada Halaman Mail Us terdapat field–field yang harus diisi oleh member antara lain name, address, city, postal code, country, telephone, fax dan e-mail. Selain itu juga terdapat kolom pertanyaan, Untuk memudahkan member mengirimkan keluhan, saran tentang produk – produk dan pelayanan serta bertanya tentang masalah yang di hadapi dalam pemesanan. Jika ingin melihat gambar, lihat tabel dibawah.
Pada halaman produk member menampilkan nama-nama dari produk yang tersedia di situs ini dan member bisa memilih produk mana yang akan di lihat, di sini member langsung memilih jenis dan nama produk yang akan di lihat setelah memilih akan di tampilkan produk yang di inginkan. Jika ingin melihat gambar, lihat tabel dibawah.
Pada halaman detil produk merupakan detail dari produk yang diinginkan oleh member untuk mendapatkan informasi yang selengkap-lengkapnya atas pesanan produk yang diinginkannya, selain itu terdapat tombol – timbol add to cartdisini penyusun bermaksud dari add to cart ini bila member ingin memesan produk bisa langsung menekan add to cart dan secara otomatis produk yang memberpesan akan masuk ke list produk dan usermasih bisa mencari produk yang ingin dipesan lagi, dan jika member sekiranya telah yakin untuk produk yang akan dibeli maka memberbisa menekan tombol view list. Jika ingin melihat gambar, lihat tabel dibawah.
Pada halaman view list dimana produk – produk yang membersudah pilih dilayar detail produk dan pesanan yang telah dilakukan oleh member masuk ke list produk. Di dalam list produk terdapat nama produk yang sudah dipesan oleh member, harga produk, jumlah produk, serta sub total atas hasil pamesanan yang telah dilakukan oleh member. Jika ingin melihat gambar, lihat tabel dibawah.
Pada halaman changepassword merupakan halaman yang berfungsi untuk mengubah password member, didalamnya terdapat form yang terdiri dari : old password penyusun bermaksud bahwa member harus memasukan password lamanya, new passwordpenyusun bermaksud member harus memasukan password baru yang dinginkannya, confirm password penyusun bermaksud member harus memsukan password baru yang diinginkannya untuk meyakinkan member bahwa password barunya harus sama dengan confirm password. Jika member telah yakin dengan password barunya maka member bisa menekan tombol submit yang berfungsi untuk mengubah password lama dengan password baru member, dan jika memberbelum yakin dengan password barunya maka member bisa menekan tombol resetyang berfungsi untuk menghapus passwordyang telah dimasukan oleh member. Jika ingin melihat gambar, lihat tabel dibawah
Pada halaman utama admin terdapat company detail yang berfungsi untuk menampilkan alamat detail PT. Duta Karya Musikindo dan service center serta menampilkan dealer dan supplier. Dalam halam ini, event manage berfungsi untuk mengatur event–event yang akan diselenggarakan oleh PT. Duta Karya Musikindo, manage customerberfungsi untuk mengatur database customer, manage guest book berfungsi untuk mengatur guest book yang mengakses situs ini. Jika ingin melihat gambar, lihat tabel dibawah.
Pada halaman managecustomer terdapat field–field yang harus diisi oles customer antara lain nama, alamat, TTL, user Id, password, email, nama rekening, no rekening, nama bank yang kesemuanya harus diisi oleh customeruntuk sebagai syarat menjadi memberdan forrn yang diisi oleh customertadi disimpan ke dalam database customer. Jika ingin melihat gambar, lihat tabel dibawah .
Pada halaman manageevent terdapat event–event yang akan diselenggarakan oleh PT. Duta Karya Musikindo dalam waktu dekat dan pada halaman manage guestbook menampilkan user yang memberikan koentenya beserta ditampilkan nama dan komentar serta email user. Jika ingin melihat gambar, lihat tabel dibawah .
Pada halaman manage produk menampilkan beberapa field yang harus di isi oleh customer antara lain produk Id, produk name, category Id, price, stock, image yang harus diisi oleh customer dan forn yang telah diisi oleh customer disimpan ke dalam database produk. Selain itu juga trdapat halaman untuk mengupdate produk secara otomatis yang dilakukan oleh member dan disimpan kedalam database order list member Jika ingin melihat gambar, lihat tabel di bawah .
Tabel 4.8 Rancangan Tampilan layar
| | | |
No | Nama Layar | Halaman | |
Rancangan | Tampilan | ||
1 | Layar Mainpage Member | L 12 | L 40 |
2 | Layar Change Password Member | L 13 | L 41 |
3 | Layar Company detail Member | L 14 | L 42 |
4 | Layar Category Product Member | L 15 | L 43 |
5 | Layar View Product Member | L 16 | L 44 |
6. | Layar View Cart Member | L 17 | L 45 |
7 | Layar Form konfirmasi Member | L 18 | L 46 |
8 | Layar Kode Booking Member | L 19 | L 47 |
9 | Layar Event Member | L 20 | L 48 |
10 | Layar Guest Book Member | L 21 | L 49 |
11 | Layar Polling Member | L 22 | L 50 |
12 | Layar MainpageAdmin | L 23 | L 51 |
13 | Layar Manage Customer Admin | L 24 | L 52 |
14 | Layar Manage Product Admin | L 25 | L 53 |
15 | Layar Company detail Admin | L 26 | L 54 |
16 | Layar Manage Event Admin | L 27 | L 55 |
17 | Layar Manage GuestBook Admin | L 28 | L 56 |
18 | Layar Update Customer Admin | L 29 | L 57 |
19 | Layar Update Product Admin | L 30 | L 58 |
20 | Layar Mainpage User | L 31 | L 59 |
20 | Layar Register User | L 32 | L 60 |
22 | Layar Company detail User | L 33 | L 61 |
23 | Layar Category Product User | L 34 | L 62 |
24 | Layar View Product User | L 35 | L 63 |
25 | Layar View Cart User | L 36 | L 64 |
26 | Layar Please Login First | L 37 | L 65 |
27 | Layar Guest Book User | L 38 | L 66 |
28 | Layar Polling User | L 39 | L 67 |
4.4 Modul – modul Aplikasi dan Cara Kerjanya
4.4.1 MODUL LOGIN
MULAI
Adapt Username dan Password
JIKA Username dan Password valid MAKA
Tampil Modul Create Session
SELAIN ITU
Tampil Modul Gagal Login
SELESAI
4.4.2 MODUL CREATE SESSION
MULAI
Ambil Id, UserId, Password dari tabel customer atau admin
Create Session
Bentuk variabel session_Id = Id
Bentuk variabel session_UserId = User
Bentuk variabel session_pass = Password
SELESAI
4.4.3 MODUL SESSION
MULAI
JIKA sess_Id = NULL MAKA
Kembali ke Modul Login
SELAIN ITU
Mulai Session
AKHIR JIKA
SELESAI
4.4.4 MODUL LOGOUT
MULAI
Hapus session
Kembali ke Modul Login
SELESAI
4.5 Penerapan Sistem
Penerapan merupakan kegiatan memperoleh dan mengintegrasikan sumber daya fisik dan konseptual yang menghasilkan suatu sistem yang bekerja (Raymond Jr, McLeod, 2001:194). Hasil dari tahap perancangan sistem akan diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman sehingga dapat menghasilkan program aplikasi sistem sesuai dengan yang diinginkan. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi sistem ini adalah PHP dan untuk basis datanya digunakan MySQL. Selain itu, pada tahap ini juga, akan membahas sarana pendukung lain yang diperlukan agar sistem yang telah dibuat dapat berjalan dengan baik.
4.5.1 Komputer untuk server
1. Prosessor Intel Pentium IV 2.4 GHZ
2. Memori 512 MB
3. Hard disk 80 GB
4. Graphic card 64 MB
5. Internet Explorer 6.0
Spesifikasi di atas menjelaskan kebutuhan minimum perangkat keras yang harus digunakan pada komputer server.
4.5.2 Komputer untuk Client
1. Prosessor Intel Pentium III 800 MHZ
2. Memori 128 MB
3. Hard disk 40 GB
4. Graphic card 64 MB
5. Internet Explorer 6.0
Spesifikasi di atas menjelaskan kebutuhan minimum perangkat keras yang harus digunakan pada komputer Client.
4.6 Kebutuhan Perangkat Lunak
Kebutuhan perangkat lunak yang disarankan pada server sebagai berikut:
1. Sistem Operasi Windows Server 2000
2. Web Server Apache 2.2.3, sebagai web server
3. PHP 5.1.6, sebagai compiler
4. MySQL 5.0.24, sebagai database server
5. Web Browser, untuk mengakses aplikasi
6. PhpMyAdmin 2.2.3, sebagai interface untuk memanipulasi database
7. Flash Player 6, untuk membaca file content yang berekstensi swf
Kebutuhan perangkat lunak yang disarankan pada client sebagai berikut:
1. Sistem Operasi
2. Web Browser
3. Flash Player 6
4.7 Pengujian Sistem
Sebelum program diterapkan, maka program harus terlebih dahulu diuji agar bebas dari kesalahan, baik itu kesalahan bahasa, kesalahan logika program, kesalahan menganalisis, dan juga menganalisis kelemahan-kelemahan pada komponen sistem yang telah dibuat. Pengujian yang dilakukan pada sistem tersebut meliputi pengujian terhadap seluruh menu program, apakah telah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pengguna. Berikut hasil pengujian dari sistem tersebut.
No. | Kegiatan Tes | Hasil yang Diharapkan | Hasil | Keterangan |
1 | Login Member | | Berhasil | |
2 | Hapus, Input, Edit Data Member | | | |
3 | Hapus, Input, Edit Data Barang | | | |
4 | Login Administrator | | | |
5 | Hapus, Input, Edit Data Administrator | | | |
6 | Pencarian data barang yang dibeli oleh member | | | |
7 | | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisa dan perancangan yang telah disampaikan di atas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
- PT. Duta Karya Musikindo merupakan sebuah perusahaan retail yang bergerak dalam penjualan produk alat-alat musik yang beredar di Indonesia. Permasalahan yang terjadi saat ini perusahaan hanya menjual melalui sistem konvensional, dimana calon pembeli yang berminat untuk membeli produk produk alat-alat musik harus datang ke toko. Sehingga untuk meningkatkan pelayanan dimana calon pembeli mendapatkan kemudahan untuk mengetahui pilihan yang akan dibeli dan selanjutnya bertransaksi membeli, tanpa harus repot melakukan perjalanan yang macet dan memakan waktu lama, maka perlu disediakan fasilitas on-line yang dapat dilakukan dimana saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
- Usulan pemecahan masalah yang diberikan adalah dibangunnya sistem penjulan on-line untuk penjualan produk alat-alat musik tersebut di atas. Sistem ini berbasiskan web, sehingga pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian di mana saja dan kapan saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
- Sistem yang diusulkan merupakan sistem penjualan yang berbasiskan web ini terbagi atas lima entitas, yaitu User, yaitu Pelanggan yang hanya memiliki hak akses untuk melihat berbagai informasi produk yang dijual, sedangkan Member, adalah Pelanggan yang telah terdaftar menjadi Pelanggan tetap pada sistem. Selanjutnya ada Admin adalah entitas yang berhak untuk mengatur atau mengelola sistem penjualan, dan Manager adalah pemilik sistem penjualan yang berhak mendapatkan laporan transaksi penjualan dan masuknya barang.
5.2 Saran
Untuk lebih memudahkan dalam pelayanan dan transaksi pembayaran, maka tahapan selanjutnya sebaiknya dilakukan integrasi kepada perbankan yang memiliki fasilitas pembayaran melalui kartu kredit dan kartu debet. Karena pad sistem yang diusulkan masih dalam tahap awal yang belum diintegrasikan kepada pihak perbankan.
Grand Mondial Casino Hotel - Mapyro
ReplyDeleteGrand Mondial Casino Hotel 이천 출장마사지 - View 25 traveler reviews, 135 공주 출장안마 candid photos, 이천 출장안마 and 남원 출장마사지 great deals for Grand Mondial Casino Hotel 울산광역 출장안마 at Mapyro.