Friday, February 22, 2013

PELAPORAN AKUTANSI

Sebagai hasil akhir dan tujuan akutansi adalah menghasilkan informas ekonomi, untuk mengambil keputusan bagi pihak yang memerlukannya. Agar hasil akhir mudah dimengerti dan mudah memberikan gambaran yang jelas maka data perusahan perlu diproses melalui tahap-tahap dalam siklus akutansi, berdasarkan suatu prinsip yang berterima umum. Laporan keuangan dibuat pada akhir periode kutansi misalsetiap 3 bulan, persemester atau setahun sekali dan sebagainya. Laporan keuangan terdiri dari: 1. Neraca 2. Laporan rugi/laba 3. Laporan perubahan modal 4. Laporan perubahan posisi keuangan. 5. Catatan atas laporan keuangan 6. Laporan atau informasi lain sebagai pelengkap Didalam buku ini hanya akan dibahas naraca, laporan rugi/laba dan laporan perubahan modal. Ad. 1. Neraca adalah daftar yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan pada saat tertentu, meliputi harta, utang dan modal. Ad. 2. Laporan rugi/laba adalah laporan yang menggambarkan hasil usaha suatu perusahaan pada periode tertentu. Dalam laporan rugi/laba disajikan semua penghasilan dan beban. Ad. 3. Laporan perubahan modal adalah laporan yangmenunjukan perubahan modal selama satu periode. Dalam perubahan laporan modal disajikan modal awal, rugi/laba, prive dan modal akhir.

No comments:

Post a Comment